Belajar dan Berbagi Ilmu,Informasi,Software,Mp3,Picture,Dll

 

Kopyor Imitasi

Hari ini pengen bikin kopyor imitasi resepnya "Lia" milis DB :
Bahan:
7 gr agar-agar putih 1 sachet
300 ml santan kental dari kelapa yang diperas pake air kelapa
1 lembar pandan dan sedikit garam
Es batu (potongan besar/utuh)
800 ml air kelapa ato secukupnya, untuk kuah
Sirop cocopandan secukupnya
Cara Membuatnya:
Rebus agar-agar, pandan, santan dan garam dengan api kecil sampai mendidih,angkat & aduk2 bentar sampe uap panasnya abis.
Siapin es batu dalam baskom besar, tuangkan pelan adonan agar satu sendokdemi satu sendok diatas es batu hingga membentuk lembaran yang langsung beku dan meluncur ke dasar baskom, lakukan sampai agar-agar habis.
Dalam gelas tinggi, beri sirop cocopandan, serpihan agar-agar dan tuangi airkelapa serta diberi crushed ice.
Hasilnya .... taraaaaaaaaaaaaa :
TIPS DARI LIA :
- Jangan pake bahan cair terlalu banyak biar hasilnya lebih cantikdan gak gampang letoy karena si "kopyor" kan slalu terendam air. Patokanku,300ml untuk 1 sachet agar.
- Pake santan kental plus sejumput garam untuk mendapatkan efekgurih khas kelapa. Gula pasir dikit ajah 1-2sdm per sachet agar, karena rasakhas "kopyor" adalah gurih, bukan manis kayak puding :) Tar manisnya dapetdari kuah sirupnya kan.
- Santan diperas menggunakan air kelapa, "kopyor" akan terasa lebihlegit dan teksturnya rada berbutir khas kopyor. Inget, air kelapa udahmanis, kurangi takaran gulanya.
- Bisa ditambahkan sedikit esens kopyor kedalam adonan agar untukmenegaskan aroma kopyor- Kuahnya lebih segar kalo pake air kelapa- Masukkan serpihan "kopyor" saat akan disajikan ajah. Janganterlalu lama merendam "kopyor" dalam kuah sirupnya karena "kopyor" akanmenyerap warna sirup sementara rasa gurihnya luntur ke kuah, mengakibatkan"kopyor" selain jadi warna pinkish juga brasa hambar, gurihnya berkurang.
- Selain sirup cocopandan, pake sirup frambozen/raspberry jugaenaaaaak deh. mengingatkanku pada es kopyor jadul, saat cocopandan belumfavorit & belum ngetren (btw bener yak kalo frambozen tuh basa belandanyaraspberry? Soale kalo liat gambar frambozen, plus rasa & aromanya mirip polama raspberry).

Comments :

0 komentar to “Kopyor Imitasi”

Poskan Komentar

Sering Dibaca

ping.sg - the community meta blog for singapore bloggers