Belajar dan Berbagi Ilmu,Informasi,Software,Mp3,Picture,Dll

 

Newkia, Perusahaan ''Nokia'' dengan Platform Android

Beberapa fans Nokia mungkin dalam hatinya berharap bahwa Nokia akan mau mengadopsi platform Android, namun setelah divisi bisnis perangkat vendor asal Finlandia itu diakuisisi oleh Microsoft, kemungkinan itu boleh dibilang sudah tertutup. Di hari yang sama, sebuah perusahaan bernama Newkia didirikan oleh Thomas Zilliacus, yang pernah bekerja selama 15 tahun di Nokia, 7 tahun di antaranya sebagai CEO Nokia Asia Pasifik.

Saat ini Zilliacus memimpin perusahaan investasi Mobile FutureWorks, yang berusaha membeli Nokia tahun lalu, namun tak mampu mengumpulkan dana yang cukup untuk melakukan hal tersebut. Visi Newkia adalah membuat ponsel Android yang seperti ponsel Nokia. Ia sudah dan berencana mempekerjakan beberapa pekerja Nokia yang tertarik mengembangkan Android. Menurut Zilliacus, Newkia ingin menggunakan teknologi dan desain ala Nokia namun menggunakan platform Android.

Zilliacus menekankan bahwa Nokia kehilangan kesempatan besar karena arogansi vendor itu sendiri, karena posisi dominan mereka saat itu. Contohnya, Nokia pernah mengembangkan prototipe yang mirip seperti iPhone, namun dikembangkan 4 tahun sebelum iPhone pertama dirilis (2007). Produk tersebut tidak pernah diluncurkan karena Nokia pikir pasar tak akan tertarik. Zilliacus bahkan mengaku masih memiliki prototipe perangkat tersebut.

Newkia ditargetkan akan meluncurkan ponsel pertamanya tahun ini, meski ini tergantung dana yang terhimpun dan karyawan yang mampu dipekerjakan Zilliacus. Ia berencana membangun tim Riset dan Pengembangan di Finlandia, meski perusahaannya akan berbasis di Singapura dan produknya dijual untuk pasar Asia, meski tidak menutup kemungkinan akan dijual di pasar Amrik. Jadi, siapa yang menunggu-nunggu perangkat dengan desain dan build quality seperti Lumia 920, namun menggunakan ponsel Android, berharaplah Newkia akan berhasil mencapai misinya.

CNET

Comments :

0 komentar to “Newkia, Perusahaan ''Nokia'' dengan Platform Android”

Poskan Komentar

Sering Dibaca

ping.sg - the community meta blog for singapore bloggers