Belajar dan Berbagi Ilmu,Informasi,Software,Mp3,Picture,Dll

 

AFC Hukum Timnas Indonesia,PSSI Rugi 10 M

Timnas Indonesia dijatuhi sanksi oleh Federasi Sepakbola Asia (AFC), menjelang laga lawan China di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan Jakarta, pada 15 Oktober. Merah-Putih harus menjalani laga kandang di kualifikasi Piala Asia 2015 tersebut tanpa penonton.

Larangan tampil dengan penonton juga berlaku saat Indonesia meladeni Irak 19 November 2013. AFC menjatuhkan sanksi tersebut karena AFC menganggap suporter Indonesia kerap melanggar peraturan, seperti melempari suporter lain, dan menyalakan kembang api saat laga berlangsung.

Menurut Sekjen PSSI Joko Driyono, keputusan AFC ini merupakan akumulasi hasil pemantauan mereka terhadap rangkaian pelanggaran pertandingan sejak laga Timnas U-22, di Riau Juli tahun lalu, hingga Timnas Indonesia menjamu Arab Saudi 23 Maret 2013.

“Komisi Disiplin AFC memutuskan Indonesia wajib menggelar laga tanpa penonton, tapi tidak di pertandingan timnas kelompok umur,” ujar Joko saat dihubungi okezone, Minggu (29/9/2013).

Menurut Joko, sebenarnya keputusan itu sudah keluar sebelum Indonesia menghadapi Arab Saudi, namun PSSI berupaya melakukan banding, sambil berharap suporter tidak lagi melakukan pelanggaran. Namun, saat menggelar pertandingan melawan Arab, sejumlah penonton melempari suporter Arab dan menyalakan kembang api.

“Kejadian terulang, sehingga 28 Agustus ada konfirmasi dari sidang Komisi Disiplin. Minggu lalu AFC menegaskan bahwa mereka memerintahkan dua pertandingan ke depan melawan China dan Irak, tidak boleh dihadiri penonton,” ujar Joko menjelaskan. Selain harus bertanding di kandang tanpa penonton, Indonesia juga didenda sekira Rp200 juta.

Situasi ini cukup merugikan. Karena Indonesia membutuhkan dukungan publik saat menghadapi China, untuk melecut semangat juang mereka di tengah lapangan. Apalagi, Merah Putih berada di posisi genting. Indonesia menjadi juru kunci Grup C di bawah Arab Saudi, China dan Irak. Dua kali tanding Merah-Putih selalu kalah. Dari Irak (0-1) dan Arab Saudi (1-2).

“Tentu sanksi ini sangat berat, tapi kita harus mengambil pelajaran dari sanksi ini untuk pengelolaan pertandingan lebih baik. Kami cinta suporter. Terima kasih atas dukungannya, tetapi memang ada berapa regulasi yang harus ditaati. Mudah-mudahan ini terakhir. Ke depan Indonesia bisa selalu bertanding dengan dukungan suporter,” tutup Joko.

Dengan hukuman ini, Indonesia tak bisa lagi tampil di depan suporternya sendiri dalam seluruh laga kandang tersisa. Di luar pertandingan kandang, Indonesia harus bertandang ke China 15 November 2013 dan 5 Maret 2014 ke Arab Saudi.

Keputusan komdis AFC mengenai larangan Timnas membawa penonton saat pertandingan berdampak kerugian materiil bagi PSSI. Sekjen PSSI, Djoko Driyono, mengaku PSSI bisa mengalami kerugian mencapai Rp10 miliar.

“Kita sempat lost 5,1 miliar rupiah pada pertandingan melawan Arab, jika kita terkena larangan adanya penonton saat pertandingan kita bisa rugi 10 miliar rupiah,” ujar Djoko Driyono kepada wartawan, Senin (30/09/2013) di kantor PSSI, Senayan, Jakarta.

Dia mengatakan bahwa larangan ini hanya berlaku bagi timnas senior saja. PSSI pun diinstruksikan oleh pihak Komisi Disiplin AFC untuk tidak diperbolehkan disaksikan suporter pada dua laga ke depan yaitu tanggal 15 Oktober saat melawan China, dan saat laga menghadapi Irak yang akan dilangsungkan pada 19 November nanti.

Namun, pihak AFC sendiri memberikan keringanan terhadap PSSI. Di mana AFC akan memberi ruang kepada PSSI yang telah melakukan komitmen dengan partner dan sponsor yang bersifat corporate untuk tetap dapat membawa penonton dalam kategori VVIP.

“Sekalipun tanpa penonton, AFC memberi kesempatan kepada kita untuk mengundang penonton menyaksikan pertandingan, tapi hanya untuk kategori VVIP, yang telah melakukan komitmen dengan pihak sponsor dan partner PSSI yang bersifat corporate, namun itupun kita harus memberikan data kepada pihak komdis berapa orang yang akan datang ke stadion,” jelasnya.

“PSSI sudah menjadi bagian dari penonton, oleh karena itu kita sebenarnya sudah berupaya untuk mengimbau para penonton untuk tidak melakukan hal-hal yang dilarang,” tambah Djoko Driyono.

Sementara itu, untuk pertandingan U19 nanti pihak PSSI akan melakukan pertemuan dengan komite keamanan agar saat laga berlangsung tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan kembali.

“Kita akan meeting dengan komite keamanan, saat pertandingan Timnas U19 nanti harus steril,” tutupnya. okezone

Comments :

0 komentar to “AFC Hukum Timnas Indonesia,PSSI Rugi 10 M”

Posting Komentar

Sering Dibaca

ping.sg - the community meta blog for singapore bloggers