Belajar dan Berbagi Ilmu,Informasi,Software,Mp3,Picture,Dll

 

Resep Bubur Durian Yang Lezat

Anda suka makan durian? atau anda memang maniak durian, mungkin anda perlu mencoba varian olahan durian berikut. Selain langsung dimakan, buah durian ternyata bisa juga dibuat variasi makanan yang lain.


Durian merupakan buah yang mempunyai bau tajanm yang harun. Kerap dijadikan oleh-oleh, buah berbau harum ini juga nikmat dijadikan hidangan.

Resep membuat bubur durian :

BAHAN:
- 200 g daging buah durian, proses hingga halus
- 500 ml santan kental dari 1 butir kelapa parut
- 125 g gula pasir
- 2 sdm tepung maizena, larutkan dengan sedikit air
- 50 g biji berlian warna hijau dan merah*)
- 1 lembar roti tawar tanpa kulit, potong dadu 1/2 cm

CARA MEMBUAT:
- Jerang durian, santan, dan gula pasir hingga mendidih sambil aduk-aduk.
- Masukkan larutan maizena, aduk rata. Masak hingga kental. Angkat. Dinginkan.
- Simpan dalam kulkas. Sisihkan.
- Saat akan disajikan, taburi biji berlian dan roti. Sajikan dingin.
- Biji berlian: Sejenis agar-agar berbentuk butiran kecil berwarna-warni. Dijual di pasar swalayan di bagian makanan dingin, seperti cincau, nata de coco, dll.

Kehangatan Bubur Durian Nan Menggoda
Bubur Durian Kacang Ijo menjadi salah satu makanan penutup favorit dan andalan yang ditampilkan dalam menu makanan Rumah Warung. Kuliner ini menyajikan citarasa khas manis, segar dan dingin, ditambah aroma wangi khas durian yang memikat.


Untuk bahan baku pembentuknya, bubur duren kacang Ijo terdiri dari buah durian asli Lampung, kacang hijau, santan dan gula merah. Juga untuk pengolahannya dilakukan terpisah.

Tahap pertama, durian direbus bersama dengan gula merah hingga matang dan memunculkan aroma segar khas durian. Proses ini oleh masyarakat disebut kinca. Tahap selanjutnya, olahan kacang hijau dan beberapa bahan baku pembuat bubur lainnya dimasak hingga layaknya menjadi sebuah bubur kacang ijo.

"Untuk tahap pengolahannya, kedua proses ini sudah cukup dan dianggap selesai. Namun tidak demikian halnya dengan penyajian, sebab kedua bahan baku ini tetap harus menyatu. Ketika ingin disajikan, dilakukan penyiraman olahan durian di atas bubur kacang ijo. Selanjutnya bubur ini disiram santan dan diberi es batu pada tahap penyajiannya," ungkap Yunyanti, pemilik Kuliner Rumah Warung.

Dia mengaku, bubur durian kacang ijo buatannya agak berbeda dengan kebanyakan menu sejenisnya. Biasanya bubur disajikan dalam keadaan hangat, namun ini dinimati dengan penambahan es batu, yang memunculkan kesan dingin bagi para penikmatnya.

Comments :

0 komentar to “Resep Bubur Durian Yang Lezat”

Poskan Komentar

Sering Dibaca

ping.sg - the community meta blog for singapore bloggers