Belajar dan Berbagi Ilmu,Informasi,Software,Mp3,Picture,Dll

 

Kajati Kalbar Siap Eksekusi 3 Mantan Dewan Sambas

Kajati Kalbar Siap Eksekusi 3 Mantan Dewan Sambas

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Rihard Nelson

TRIBUNNEWS.COM, PONTIANAK - Kepala Kejaksaan Tinggi Kalimantan Barat (Kalbar), Jasman Panjaitan mengatakan Kejaksaan Negeri Sambas telah melakukan upaya pelaksanaan eksekusi terhadap tiga terpidana APBD Kabupaten Sambas Tahun Anggaran 2001/2002.

Mereka adalah H Uray Dasmansyah, Uray Barudin Idris, dan Eddy Lie Karim, selaku mantan pimpinan DPRD Kabupaten Sambas periode 1999-2004.

"Kasus ini tahun 2009, dan bukan di kejati melainkan di kejari Sambas. Tapi beliau ini juga melanjutkan kasus kajari yang lama. Menggantikan Suhadi, kajari lama, bagaimanapun tugas dan tanggungjawab kita menuntaskan ini. Tetapi bukan berarti seperti yang dituduhkan (ICW), soal copot mencopot. Boleh-boleh saja, asal sesuai dengan kesalahan," kata Jasman Panjaitan kepada Tribunpontianak.co.id, di ruang kerjanya, Senin (21/5/2012), malam.

Jasman Panjaitan kemudian mempertanyakan apakah dirinya pantas di copot dari jabatannya, sementara yang melaksanakan putusan adalah Kejari Sambas.

Dan itupun bukan kajari saat ini, Eko Kuntandi. Akan tetapi pihak kejaksaan negeri dan tinggi tetap melakukan proses hukum.

"Namun demikian tetap membuat surat eksekusi, bahkan Pak Wakajati juga. Berawal dari surat laporan dari Kajari Suhadi. Suhadi membuat surat ke ombudsman terkait adanya surat dari mereka. Jadi saya ingin katakan ini bukan tanggungjawab kajati secara korps, tapi secara struktural iya. Tapi paling bertanggungjawab kajari," jelar Jasman.

Jasman menjelaskan, secara formil setiap putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap itu harus dilaksanakan.

Namun di dalam melaksanakan putusan itu, harus arif dan bijaksana, ketegasan ia, tetapi bukan dalam arti tidak mempertimbangkan masalah lain.

Comments :

0 komentar to “Kajati Kalbar Siap Eksekusi 3 Mantan Dewan Sambas”

Poskan Komentar

Sering Dibaca

ping.sg - the community meta blog for singapore bloggers