Belajar dan Berbagi Ilmu,Informasi,Software,Mp3,Picture,Dll

 

Polandia, Tuan Rumah Euro 2012 Berpenduduk 38 Juta

Polandia, Tuan Rumah Euro 2012 Berpenduduk 38 Juta

TRIBUNNEWS.COM - Bersama Ukraina, Polandia menjadi tuan rumah Euro 2012. Polandia terletak di Eropa Tengah yang berbatasan dengan dengan Jerman di sebelah barat, Ceko dan Slovakia di sebelah selatan, Rusia (Kaliningrad), Lithuania di sebelah timur laut dan Belarus serta Ukraina di sebelah barat (Garis Curzon).

Wikipedia mencatat, Polandia secara administratif dibagi menjadi 16 provinsi yang dalam bahasa Inggris disebut voivodship atau Wojew√ɳdztwo dalam bahasa Polski.

Setiap provinsi dibagi menjadi beberapa Powiat (semacam kabupaten, dan setiap Powiat dibagi menjadi beberapa Gmina (semacam kecamatan).

Hampir semua warga Polandia menggunakan bahasa Polandia sebagai bahasa ibu mereka. Bahasa Inggris adalah bahasa asing yang paling diucapkan di Polandia.

Total populasi Polandia, menurut The World Factbook, mencapai 38,4 juta (Juli 2012).

Etnis Polandia mayoritas, 96,7 persen. Sisanya JErman (0.4 persen), Belarusia (0.1 persen), Ukraina (0.1 persen), etnis lain 2.7 persen (sensus 2002)

Penganut agama Katolik Roma merupakan mayoritas, yakni 89,8 persen. Sebagian kecil penganut Protestan dan ortodoks Barat.

Polandia semula pengikut komunis Uni Soviet. Sejak 1990, komunis jatuh, dan Polandia masuk NATO dan Uni Eropa.(*)

Comments :

0 komentar to “Polandia, Tuan Rumah Euro 2012 Berpenduduk 38 Juta”

Poskan Komentar

Sering Dibaca

ping.sg - the community meta blog for singapore bloggers