Belajar dan Berbagi Ilmu,Informasi,Software,Mp3,Picture,Dll

 

Universitas Inggris di Cina Tawarkan Bea Siswa

Universitas Inggris di Cina Tawarkan Bea Siswa

TRIBUNNEWS.COM JAKARTA - Mahasiswa Indonesia memiliki kesempatan untuk mendapatkan beasiswa dari universitas-universitas Inggris yang membuka kampusnya di China.
 
Bahkan, calon  mahasiswa dari Indonesia juga dipersilakan untuk mencoba demo kelas perkuliahan Sino British College - University Shanghai Science Technology (SBC) di Jakarta, sehingga mereka dapat merasakan langsung mutu pendidikan yang ditawarkan.
 
Hal itu diungkapkan Dr. Chris Bayley dari SBC, kemarin,  yang kedatangannya ke Indonesia bersama Collin Warmer, untuk menjadi pembicara dalam Seminar Pendidikan China 2012 yang diselenggarakan BLCI pada 26 dan 27 Mei di Hotel Novotel Mangga Dua Square,Jakarta.
 
Chris menjelaskan sejak tahun 2006 Konsurtium Universitas Inggris Utara (North Consortium University United Kingdom-NCUK) telah  berkerja sama dengan University Shanghai Science Technology, yang merupakan universitas pemerintah China, mendirikan SBC.
 
SBC merupakan perguruan tinggi yang memberikan gelar Sarjana S1 dari salah satu Universitas Inggris yang tergabung dalam NCUK, baik seluruh perkuliahannya ditempuh di China maupun  1 atau 2 tahun terakhir di Inggris diantaranya University Sheffield atau University Leeds yang merupakan universitas ternama.
 
“Dengan demikian, melalui SBC dapat menghemat biaya dibandingkan bila seluruh perkuliahan ditempuh di Inggris.  Apalagi bila memenuhi syarat untuk SMU kelas 2 atau IGCSE O level dapat langsung kuliah ke tahun ke 1 program gelar S1 serta bagi lulusan SMU atau A level atau IB Diploma dapat lompat langsung ke tahun ke 2 program gelar S1,”jelas Chris, ketika ditemui di kantor BLCI di kawasan Mangga Dua Square, Jakarta, kemarin.
 
 
 Ia menjelaskan NCUK beranggotakan sembilan  Universitas Inggris sehingga mahasiswa SBC bisa mendapat gelar Sarjana S1 dari salah satu universitas Inggris tersebut.  Seluruh matakuliah di SBC menggunakan pengantar bahasa Inggris namun siswa dapat berkesempatan belajar bahasa Mandarin di Shanghai.  
 
 
Selain memiliki kualitas pendidikan yang terjamin, SBC mempunyai keunggulan lokasi, karena kampusnya berada di pusat Kota Shanghai yakni French Quarter Shanghai yang merupakan salah satu pusat keuangan dan kota termodern China dan dunia.
 
Kampus SBC memiliki dua akses Metro/MRT (Mass Rapid Transportation)  serta dikelilingi bank, pusat pertokoan, restaurant sehingga mahasiswa merasa nyaman tinggal di kampus.
 
Chris menjelaskan SBC memberikan beasiswa langsung (Brusary) berkisar Rp 14,5  jutaan serta gratis test bahasa Inggris seperti IELTS/TOEFL bagi  calon mahasiswa yang mendaftar pada saat seminar berlangsung, Mahasiswa baru juga akan diantar oleh BLCI hingga tiba di asrama kampus Shanghai seperti sebelumnya.
 
“Bagi pengungjung Seminar gratis ini, juga dapat mencoba kelas perkuliahan SBC oleh salah satu pengajar terbaik SBC,Collin Warner, sehingga calon mahasiswa bisa merasakan langsung mutu pendidikan yang ditawarkan,” ungkapnya.
 

Keterbukaan  Pendidikan  di Cina

Dahulu untuk meraih gelar universitas Inggris harus merogoh kocek yang cukup dalam karena harus hidup di Inggris,”ujar Direktur BLCI, Ir. Samuel Wiyono, yang mendampingi Bayley.  
 
Namun dengan keterbukaan dunia Pendidikan China serta melalui BLCI, memungkinkan gelar dari Universitas Inggris, Australia, Kanada ataupun Amerika sekalipun dapat ditempuh seluruhnya di China atau beberapa tahun terakhir di negara yang memberikan gelar tersebut.  “Sehingga menghemat biaya, mahasiswa berkesempatan belajar berbahasa Mandarin, selain Inggris.”
 
Mahasiswa Asing nantinya bersama dengan mahasiswa lokal China dalam kelas  seperti juga di SBC. “Mahasiswa lokal China ternyata gemar kuliah dengan pengantar bahasa Inggris. Selain menginginkan gelar dari UK, mereka berharap juga menguasai bahasa Inggris selain bahasa mandarin sehingga lebih berkesempatan bekerja di perusahaan multinasional dibandingkan mereka yang hanya menguasai satu bahasa saja.
 
Selain itu dalam Seminar ini, diberikan informasi beberapa perguruan tinggi China menawarkan gelar Sarjana S1/Pasca Sarjana S2 dari Australia, Kanada ataupun Amerika serta Universitas Pemerintah China dengan menggunakan pengantar bahasa Inggris dengan berbagai bidang studi gelar Sarjana S1 maupun Pascasarjana S2. “ujar Samuel lagi. ****
 

Comments :

0 komentar to “Universitas Inggris di Cina Tawarkan Bea Siswa”

Poskan Komentar

Sering Dibaca

ping.sg - the community meta blog for singapore bloggers