Belajar dan Berbagi Ilmu,Informasi,Software,Mp3,Picture,Dll

 

Cara Sit Up Yang Cepat Ratakan Perut

Anda ingin meratakan perut ? Lakukan sit up untuk membantu meratakan perut, tapi sit up yang bagaimana yang cepat untuk meratakan perut ?

Dibandingkan bagian tubuh yang lain, perut termasuk paling sulit dibentuk. Sekali membuncit, butuh usaha keras untuk meratakannya kembali. Menurut penelitian, cara paling cepat untuk meratakan perut adalah sit up tanpa kaki ditahan.

Selama ini, sit up dianggap sebagai olahraga perut yang paling menyiksa. Bukan hanya berat untuk dilakukan, gerakan ini juga seringkali memicu nyeri punggung. Namun yang paling dikeluhkan adalah, hasilnya tidak sebanding dengan penderitaannya.

Oleh karenanya, banyak orang mulai beralih dari sit up ke gerakan lain seperti crunch. Gerakan ini tidak seberat sit up, namun dianggap lebih efektif dalam arti hasilnya sebanding dengan nyeri dan pegal-pegal yang tidak seberapa dibanding sit up.

Kembali lagi soal sit up, penelitian terbaru di Journal of Strength and Conditioning Research menunjukkan bahwa sit up sering menjadi tidak
efektif karena cara melakukannya salah. Jika kebanyakan orang melakukannya dengan kaki ditahan, maka seharusnya tidak perlu ditahan.

Menahan kaki saat melakukan sit up, baik dengan cara dipegangi orang lain maupun dengan mengaitkannya pada benda yang diam memang memudahkan gerakan. Namun menurut penelitian tersebut, menahan kaki justru membuat gerakan sit up jadi tidak efektif.

Dalam penelitian tersebut, para ilmuwan melibatkan sejumlah tentara nasional Inggris. Sebagian diminta melakukan sit up selama 2 menit dengan kaki ditahan, sebaghian lagi melakukan sit up dalam waktu yang sama namun kakinya dibiarkan tidak ditahan.

Para ilmuwan lalu mengamati aktivitas otot-otot yang terlibat dalam gerakan sit up. Hasil pengamatan menunjukkan, aktivitas otot perut tampak lebih tinggi pada partisipan yang melakukan sit up tanpa kaki ditahan dan itu juga berarti lebih cepat meratakan perut.

Lebih dari itu, melakukan sit up tanpa kaki ditahan diklaim bisa mengurangi tekanan pada punggung bagian bawah. Dikutip dari MensHealth, Senin (10/12/2012), hal ini akan mengurangi risiko nyeri punggung seperti yang banyak dikeluhkan saat sit up. (health.detik.com)

Comments :

0 komentar to “Cara Sit Up Yang Cepat Ratakan Perut”

Poskan Komentar

Sering Dibaca

ping.sg - the community meta blog for singapore bloggers