Belajar dan Berbagi Ilmu,Informasi,Software,Mp3,Picture,Dll

 

Info Obat : Adalat

Adalat

Indikasi:
Dipergunakan untuk pengobatan dan prophylaxis dari kelainan jantung koroner (dalam kondisi angina pektoris tertentu setelah infark jantung) dan sebagai tambahan antihypertensive.

Kontra Indikasi:
Adalat sama sekali tidak boleh dipakai dalam masa kehamilan atau dalam kasus hipersensitivitas terhadap produk. Belum diketahui apakah obat yang masuk secara pharmacological akan memiliki efek pada bayi, tetapi sebagai tindakan pencegahan dianjurkan untuk berhenti memberikan ASI.
Perawatan lebih sebaiknya diberikan pada pasien dengan tekanan darah yang sangat rendah (hypotension berat: tekanan sistolik di bawah 90 mm Hg). Adalat® tidak boleh dipakai oleh orang yang terkena cardiovascular shock.

Komposisi:
Setiap tablet Adalat 10 mengandung nifedipine 10 mg
Setiap tablet Adalat 5 mengandung nifedipin 5 mg

Dosis:
Pada umumnya terapi dimulai dengan 5-10 mg tiga kali sehari. Tablet biasanya diminum sebelum makan. Ditelan utuh dengan bantuan air/cairan lain.

Peringatan Khusus dan Perhatian:
Akibat sampingan yang terjadi sebagian besar ada di awal pengobatan dan umumnya bersifat sementara.
Sakit kepala, kemerahan dan sensasi panas mungkin terjadi.
Mual, pening, kelelahan, reaksi kulit, paraesthesia, turunnya tekanan darah ke di bawah normal (hypotensive reaksi), palpitations dan percepatan laju detak jantung sudah dipatuhi, khususnya setelah dosis tinggi.

Gingival hyperplasia
Sakit di daerah sekitar dada (mungkin gejala seperti radang tenggorok-pectoris).
Perawatan sebaiknya dilakukan pada pasien dialysis dengan hipertensi ganas dan kegagalan ginjal tak dapat dipulihkan dengan hypovolaemia, karena sudah pasti akan terjadi penurunan tekanan darah karena vasodilation.
Gangguan fungsional pada hati (intrahepatic cholestasis, peningkatan transaminases), dapat dipulihkan dengan penghentian perawatan, bisa terjadi dalam kasus Adalat yang teramat langka.

Interaksi:
Efek merendahkan tekanan darah yang dimiliki of Adalat mungkin saja mengalami potentiated oleh obat antihypertensive lain

Ketika Adalat diberikan secara bersamaan dengan beta-receptor blockers, pasien sebaiknya diamati secara hati-hati mengingat mungkinnya terjadi hipertensi hebat the patient should be carefully monitored in view of the possibility of severe hypertension; kegagalan kerja jantung juga sudah dikenal untuk terjadi.

Efek Antihypertensive mungkin potentiated ketika nifedipine dan cimetidine diberikan secara bersamaan.

Jenis: Tablet

Comments :

0 komentar to “Info Obat : Adalat”

Poskan Komentar

Sering Dibaca

ping.sg - the community meta blog for singapore bloggers