Belajar dan Berbagi Ilmu,Informasi,Software,Mp3,Picture,Dll

 

5 Hal Ini Pengaruhi Kesuburan Pria

Kebanyakan orang merasa ketidaksuburan pada laki-laki mungkin terjadi berkaitan dengan adanya prosedur bedah tertentu, ketidakseimbangan hormon dalam sistem endokrin tubuh, dan kemoterapi. Namun, nyatanya ada beberapa alasan yang paling umum lainnya yang bisa mempengaruhi kesuburan laki-laki.

Tingkat kesuburan ditentukan oleh proses yang kompleks dengan banyak faktor. Karena proses biologis ini begitu kompleks, maka hal-hal kecil juga bisa mempengaruhi kesuburan. Termasuk di antaranya sperma yang tak sehat atau berkurang jumlahnya. Berikut 5 hal yang bisa mempengaruhi kondisi kesuburan laki-laki, seperti dilansir Times of India, Senin (12/8/2013):

1. Penggunaan gadget yang terlalu panas

Hati-hati jika Anda sering menggunakan gadget dengan kondisi overheat atau terlalu panas di sekitar daerah genital, misalnya dengan memangku laptop. Sebab bila testis terlalu panas, maka ia cenderung menghasilkan lebih sedikit sperma. Selain itu, sering melakukan sauna atau bak air panas juga menghasilkan efek yang sama pada tubuh.

2. Penyalahgunaan alkohol

Minum alkohol, baik sedikit maupun banyak, dapat menimbulkan berbagai bahaya terhadap risiko kesehatan, termasuk menurunkan kadar testosteron. Selain menyebabkan disfungsi ereksi, penyalahgunaan alkohol secara permanen juga dapat menurunkan produksi dan tingkat kesehatan dari sperma itu sendiri.

3. Obesitas

Laki-laki sebaiknya mulai membatasi asupan makanan dan minuman berlemak sejak dini. Sebab, obesitas atau kelebihan berat badan dapat merusak sistem hormonal Anda menjadi tak seimbang dan menyebabkan berkurangnya jumlah sperma.

4. Bersepeda

Meskipun bersepeda adalah salah satu cara yang baik untuk menjaga bentuk tubuh tetap indah, namun juga terbukti dapat menyebabkan kerusakan dalam perineum dan testis. Adanya gangguan pada kedua organ tersebut dapat menurunkan jumlah sperma sehat. Efek yang sama sering didapatkan melalui penggunaan sepeda motor dan menunggang kuda.

5. Pekerjaan dengan tingkat stres tinggi

Jangan anggap remeh, lingkungan kerja yang sering membuat stres juga dapat meningkatkan risiko ketidaksuburan dengan mengurangi jumlah sperma sehat. Selain itu, para ilmuwan telah menyimpulkan bahwa penggunaan komputer dan layar monitor visual lainnya secara berlebihan dapat memicu reaksi hormonal dan membuat kadar testosteron menjadi tidak seimbang. Ciptakan suasana kerja yang menyenangkan untuk mengurangi stres yang Anda hadapi di tempat kerja.

Comments :

0 komentar to “5 Hal Ini Pengaruhi Kesuburan Pria”

Poskan Komentar

Sering Dibaca

ping.sg - the community meta blog for singapore bloggers