Belajar dan Berbagi Ilmu,Informasi,Software,Mp3,Picture,Dll

 

Amazon akan produksi Smartphone dan Dijual Gratis?

Berdasarkan informasi dari orang yang mengerti tentang rencana Amazon, perusahaan ritel online terbesar tersebut saat ini sedang merencanakan untuk menyediakan smartphone yang akan dijual dengan gratis. Berbeda dengan vendor lain, smartphone gratis ini tidak dibebani dengan kontrak berlangganan selama 2 tahun.

Amazon merencanakan menyediakan smartphone gratis ini sebagai bagian dari rencana masuk ke pasar mobile, sebagaimana yang dilakukan melalui Amazon Kindle HD. Tablet Amazon Kindle HD tidak tersedia gratis namun mampu disediakan dengan murah oleh Amazon dengan jalan memberikan layanan khusus Amazon di dalamnya. Strategi ini juga yang akan dilakukan Amazon untuk rencana penyediaan smartphone miliknya.

Meski demikian, proyek ambisius dari Amazon ini dikabarkan masih memiliki kendala karena Amazon masih kesulitan menemukan perusahaan perakitan yang bisa membuat smartphone ini tanpa ikatan dengan Google selaku pemilik OS Android. Amazon bermaksud untuk membuat smartphone tersebut tanpa layanan khas Google di dalamnya, seperti yang dilakukan pada tablet Kindle HD yang merupakan kustomisasi dari Android. Selain itu Amazon nampaknya masih kesulitan menemukan rekanan penyedia konten yang bisa diajak bersama-sama untuk mensponsori proyek smartphone ini sehingga bisa dijual gratis kepada konsumen nantinya.

Hingga saat ini, pasar smartphone dunia masih dikuasai Samsung dan iPhone. Kedua perusahaan tersebut telah membuat skema smartphone gratis namun masih mengikat kontrak ke operator seluler melalui subsidi. Meski demikian, Apple sendiri sekarang sudah mulai melirik pasar smartphone murah terbukti dari disiapkannya iPhone 5C maupun iPad mini yang lebih terjangkau.

Google sendiri telah membuat strategi untuk menyediakan smartphone murah dengan kualitas tinggi melalui jajaran Nexus. Gadget Nexus selama ini dikenal sebagai produk berkualitas tinggi yang disediakan dengan harga lebih terjangkau dibanding produk dengan kualitas setara, sehingga 'memaksa' vendor lain untuk menurunkan margin keuntungan produk jualannya agar bisa bersaing dengan jajaran produk Nexus.

Pihak Microsoft melalui Windows Phone saat ini juga banyak terbantu dengan kehadiran smartphone versi murah seperti Lumia 510. Smartphone tersebut dikabarkan mampu mengerek pangsa pasar Windows Phone di beberapa negara, seperti di Meksiko yang mampu mencapai lebih dari 11% penjualan smartphone. Sementara perusahaan-perusahaan dari China telah lama diketahui banyak melakukan upaya untuk menyediakan smartphone murah, seperti Xiaomi yang mampu menyediakan smartphone premium dengan harga lebih terjangkau karena memotong margin keuntungan yang diperolehnya demi meningkatkan pangsa pasar dan penjualan.

Dengan fakta-fakta tersebut, rencana Amazon untuk membuat smartphone gratis bisa saja terwujud. Akan tetapi perumusan formulasi pemasaran dan layanan yang disediakan akan menjadi kunci untuk dapat menentukan kapan waktu yang tepat untuk proyek smartphone tersebut dapat terwujud.

Jessica Lessin

Comments :

0 komentar to “Amazon akan produksi Smartphone dan Dijual Gratis?”

Poskan Komentar

Sering Dibaca

ping.sg - the community meta blog for singapore bloggers