Belajar dan Berbagi Ilmu,Informasi,Software,Mp3,Picture,Dll

 

Napoleon a la PennyLane

Ini Satu dari Sekian banyak hasil karyanya :RIANA .... Bravo !!!


(Sumber: DapurBunda, modified by: Riana)

Bahan:
½ resep dasar Flaky/Puff Pastry

Bahan Vla :
800cc susu
100gr gula kastor (modified. Original recipe: 200 gr)
5 btr kuning telur
50 grm tepung maizena
100 cc whipped cream
1 sdm mentega tawar
5 sdm Rhum/Brandy (optional)

Bahan Icing:
50 gr atau secukupnya Dark Cooking Chocolate
(modified. Original recipe: 50 gr gula halus + 5 sdm air jeruk nipis + pewarna merah muda secukupnya)

Cara membuat:

Tipiskan adonan flakky pastry, lalu potong 4 x 6cm, letakkan diatas loyang yang sudah dibasahi dengan air. Panggang dalam oven 200'C, selama ± 20 menit, hingga matang. Angkat, dinginkan.
Isi:
- Cairkan tepung maizena dengan sebagian susu, sisihkan. Kocok kuning telur dengan garpu, cairkan dengan sedikit susu, sisihkan.
- Didihkan Susu dan gula, masukkan campuran maizena, aduk rata, kecilkan api.
- 'Pancing' larutan kuning telur dengan sedikit adonan susu panas (lihat Note), lalu masukkan larutan kuning telur ke dalam campuran susu, aduk rata.
- Masukkan whipping cream, aduk lagi dan didihkan sekali lagi.
- Angkat dari api, masukkan 1 sdm mentega, aduk hingga mentega leleh dan tercampur rata (permukaan vla jadi mengkilat).
- Aduk hingga uapnya hilang, masukkan Rhum/Brandy (kalo pakai). Dinginkan.
Penyelesaian:
Ambil satu lembar pastry yg sudah matang. Letakkan vla di atasnya, atau masukkan vla ke dalam plastik segitiga, semprotkan vla ke atas pastry. Hias dengan icing.
(modified. Original recipe: pastry dibelah, vla diisikan di tengah, kemudian ditangkupkan lagi.)


ADONAN DASAR FLAKY/PUFF PASTRY
(Sumber: Fatmah Bahalwan)

Bahan:
500 grm tepung terigu protein tinggi
1 sdt garam
50 grm mentega tawar
300 ml air es
400 grm korsvet
1 ½ sdm gula pasir (khusus untuk pastry manis)

Cara membuat :
Campur semua bahan, kecuali korsvet, hingga menjadi butiran, lalu uleni hingga kalis.
Tipiskan adonan dengan cara menggilasnya, lalu bagi menjadi tiga bagian tanpa dipotong.
Dua sisi pertama oleskan korsvet, lalu lipat kedua sisi ke tengah, sedemikian rupa sehingga letak korsvet berlapis selang-seling dengan adonan. Tipiskan lagi, bagi tiga lagi, lakukan hal yang sama hingga 6 sampai tujuh kali.
Setelah puff pastry siap, istirahatkan sebentar di lemari pendingin selama lk. 15 menit. Siap untuk dibentuk.
Note:
Supaya adonan vla gak 'berkulit' setelah didinginkan, ambil selembar plastik bersih, letakkan dipermukaan vla hingga menutupi seluruh permukaannya, baru didinginkan.
Lebih enak lagi kalo susunya dicampur sama susu evaporated (200 ml evaporated + 600 ml susu biasa). Mmmm... beda loh!
Masukin telur ke adonan susu caranya dengan 'dipancing':
Tuangkan sedikit adonan susu panas ke dalam cairan telur, langsung diaduk cepat supaya gak menggumpal. Nah, suhu adonan telur ini akan jadi hangat atau mendekati suhu adonan susu. Kalau adonan telur masih kurang panas, tambahkan adonan susu sedikit lagi, aduk rata. Masukkan adonan telur ke dalam adonan susu panas, aduk rata. Jadi gak menggumpal deh. Hore!
Cara paling gampang bikin puff pastry: beli adonan puff pastry siap pakai di Carrefour. Potong dan panggang sesuai resep. Isi dengan vla dan buah, kucuri coklat cair. Enak dan cepat! Hehehe...
Vla Napoleon nan lezat ini biasanya saya bikin 1/2 resep aja. Udah cukup banyak untuk 2 kotak adonan puff pastry carrefour (satu kotak puff pastry saya potong 9 [pelit mode on] atau 6 [normal mode on]).
Tambahin sama buah-buahan: peach, kiwi or strawberry. Lebih cantek dan segerrr!

Comments :

0 komentar to “Napoleon a la PennyLane”

Poskan Komentar

Sering Dibaca

ping.sg - the community meta blog for singapore bloggers