Belajar dan Berbagi Ilmu,Informasi,Software,Mp3,Picture,Dll

 

Arus Penerbangan Masih Didominasi Kalangan Pebisnis

Arus Penerbangan Masih Didominasi Kalangan Pebisnis

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru

TRIBUNNEWS.COM.COM, JAMBI - Long week end yang dimulai pada hari ini (17/5/2012) hingga Minggu (20/5/2012) membuat load factor atau tingkat isian pesawat naik. Para penumpang diyakini, masih didominasi oleh pelaku bisnis.

Perkiraan itu disampaikan Manager Lion Air Jambi, Mardanus. “Penumpang lebih banyak dari kalangan pebisnis, untuk keluarga dan anak-anak yang ingin liburan belum terlihat,” katanya kepada Tribun, Rabu (16/5/2012).

Dugaan Mardanus cukup beralasan. Terlebih, tak lama lagi musim liburan sekolah segera tiba. Selain itu, penumpang pesawat Jambi-Jakarta dan sebaliknya pada akhir pekan memang utamanya para pebisnis dan birkorat untuk urusan dinas.

Menurutnya saat ini belum peak season. Itu justru akan terjadi saat liburan sekolah Juni nanti. Saat ini ia bilang, reservasi di Lion Air menyentuh 95 persen untuk setiap jadwal keberangkatan. Permintaan mulai tinggi sejak Selasa hingga Kamis (17/5/2012). Untuk Jumat dan Sabtu, permintaan kembali standar.

Harga tiket yang ditawarkan saat ini, untuk tujuan Jambi-Jakarta  rata-rata diharga Rp 600 ribuan. Adapun connecting penumpang terjadi pada tujuan Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Semarang, Solo, Makasar. Beberapa di antaranya ke Banjarmasin, Pontianak, Medan, Padang, Balikpapan dan Mataram.

Terpisah, Suharyanto Manager Batavia Air Jambi juga mengatakan mulai terjadi kenaikan jumlah penumpang. Tingkat isian penumpang rata-rata 90 persen per flight. Mungkin, ujarnya memperkirakan, dengan momen ini orang memanfaatkan untuk keluar kota mengunjungi saudaranya.

Dia menyebut, harga tiket Batavia Jambi-Jakarta rata-rata di atas Rp 400 ribuan. “Harga tiket fluktuatif, apabila tinggi permintaan, ketersediaan tiket promo tidak ada lagi, harga yang ditawarkan harga di atas promo," ucapnya.

Branch Manager Garuda Indonesia Jambi, Henny Nurcahyani bilang load factor Garuda mencapai diatas 90 persen.

Tidak hanya maskapai yang kebanjiran penumpang, hotel di Jambi pun ikut kebanjiran tamu. Pengakuan Sales Supervisor Ceria Hotel, Rita terjadi kenaikan tamu kendati tidak begitu signifikan. Misalnya, saat ini sudah mulai banyak tamu-tamu yang datang dari kabupaten. "Mungkin mereka ingin berlibur ke Jambi bersama keluarga mereka. Mumpung liburnya lama," tuturnya.

Selain tamu lokal, tamu dari provinsi juga banyak, seperti pelaku bisnis yang datang ke Jambi.

Comments :

0 komentar to “Arus Penerbangan Masih Didominasi Kalangan Pebisnis”

Poskan Komentar

Sering Dibaca

ping.sg - the community meta blog for singapore bloggers