Belajar dan Berbagi Ilmu,Informasi,Software,Mp3,Picture,Dll

 

Buka Puasa dengan Blewah, Segar dan Atasi Penyakit

Selain Kurma buah Blewah (Cucumis melo cantalupensis), merupakan buah yang jadi primadona saat berbuka puasa. Tidak hanya menyegarkan, blewah ternyata juga ampuh mengusir penyakit dalam tubuh.

Benarkah? Yuk ikuti penjelasan Pramono, ahli gizi dari RSUD Ulin Banjarmasin.

Dilihat dari nilai gizinya, blewah merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik. Kandungan gizi blewah per 100 gram adalah sbb: energi (kkal) 34, protein (g) 0,84, lemak (g) 0,19, karbohidrat (g)8,16 Serat (g)0,9 kalsium (mg)9, Besi (mg)0,21, Magnesium (mg)12, Fosfor (mg)15, Kalium (mg)267, Natrium (mg)16, Seng (mg)0,18, Tembaga (mg)0,04, Mangan (mg)0,04, Selenium (mg)0,4, Vitamin C (mg) 36,7, Thiamin (mg)0,04, Riboflavin (mg)0,02, Niasin (mg), 0,73, Vitamin B6 (mg)0,07, Folat (mkg) 21, Vitamin A (IU),3.382, Vitamin E (mg)0,05,Vitamin K (mkg)2,5.

Blewah selain mempunyai kadar air yang tingi juga kaya akan serat yang sangat baik untuk memeperlancar sisitem pencernaan kita. Seperti buah-buahan lain, blewah kaya akan gula-gula dari monosakarida, seperti glukosa dan fruktosa, sehingga sangat baik sebagai hidangan untuk berbuka puasa. Selain itu, kandungan airnya yang sangat tinggi membuat buah ini dapat mengatasi dehidrasi setelah 12-14 jam tidak mengonsumsi air.

"Kandungan air yang tinggi pada buah blewah membuat buah ini sangat baik bagi penderita gout atau asam urat tinggi. Kandungann air yang tinggi dapat membantu pengeluaran asam urat dari dalam tubuh," jelas Pramono.

Blewah juga aman untuk penderita Diabetes Melitus. Asalkan dalam penyajiannya tidak ditambah dengan gula . Dilihat dari indeks glikemiknya, blewah juga baik untuk penderta diabetes dan obesitas. Indeks glikemik merupakan sebuah metode untuk mengukur seberapa cepat glukosa diserap ke dalam darah.

Penderita diabetes dan obesitas disarankan mengonsumsi makanan yang mempunyai indeks glikemik rendah. Blewah mempunyai indeks glikemik 65, sehingga digolongkan ke dalam kategori sedang.

Blewah baik pula untuk penderita hipertensi dan melindungi jantung anda.The George Mateljan Foundation (2006) menggolongkan kalium pada buah blewah ke dalam kategori very good. Di dalam 100 gram blewah terdapat 267 mg kalium, sedangkan kadar natriumnya hanya 16 mg, sehingga rasio kalium terhadap natrium adalah 16,1:1. Suatu makanan digolongkan sebagai makanan sehat untuk jantung dan pembuluh darah apabila rasio kandungan kalium terhadap natrium minimal 5:1.

Kalium diketahui bermanfaat untuk mengendalikan tekanan darah, terapi darah tinggi, serta membersihkan karbondioksida di dalam darah. Kalium juga bermanfaat untuk memicu kerja otot dan simpul saraf. Kalium yang tinggi akan memperlancar pengiriman oksigen ke otak dan membantu keseimbangan cairan tubuh, sehingga konsumsi buah blewah membuat tubuh menjadi segar.

Kalium juga bermanfaat untuk mencegah penyakit stroke. Makanan yang sarat kalium, yaitu minimal 400 mg dapat mengurangi risiko stroke. Beberapa penelitian yang dilakukan oleh para ahli gizi berhasil membuktikan manfaat kalium dalam menurunkan risiko serangan stroke.

"Setelah tahu hebatnya Blewah masihkah kita ragu menkonsumsinya," kata Pramono.

Comments :

0 komentar to “Buka Puasa dengan Blewah, Segar dan Atasi Penyakit”

Poskan Komentar

Sering Dibaca

ping.sg - the community meta blog for singapore bloggers