Belajar dan Berbagi Ilmu,Informasi,Software,Mp3,Picture,Dll

 

Inilah 5 Langkah Tolak Penyakit Ringan

Oleh : Good Housekeeping
Ilustrasi
Foto : examiner.com
 
?Ghiboo.com - Flu, batuk, pilek seringkali dianggap penyakit sepele. Padahal, meski ringan tetap saja kehadirannya mengganggu aktivitas.

Penyakit bisa muncul saat tubuh dalam kondisi tidak fit, sehingga saat dikelilingi oleh mereka yang sakit, tubuh kita pun dengan mudahnya tertular penyakit.

Meski terserang flu 2-5 kali setahun terbilang normal, namun kalau bisa dicegah, kenapa tidak?

Menurut dr. Yoe Lita, Sp.PD, internist dari PacHealth@ThePlaza Medical Center Jakarta, menjaga daya tahan tubuh menjadi kunci untuk mencegah tubuh kita tertular penyakit. Berikut hal sederhana yang bisa dilakukan menurut Yoe Lita.

Cuci tangan
Seringlah mencuci tangan dengan sabun. Sebab seringkali tanpa disadari kita melakukan kontak dengan mereka yang terkena flu, misalnya berjabat tangan. Lalu tanpa disadari kita menggosok hidung atau mata dengan tangan. Saat itulah virus masuk. Dengan mencuci tangan virus yang mencoba berpindah tempat akan mati.

Air putih = membuang racun
Minumlah air putih minimal delapan gelas sehari. Jika cairan tubuh tercukupi, sirkulasi dalam tubuh akan baik, metabolisme pun berjalan lancar sehingga tubuh juga bisa membuang racun dengan baik.

Lindungi silia
Perokok aktif maupun pasif rentan terkena penyakit karena daya tahan tubuhnya berkurang. Perokok berat bisa terkena flu lebih sering dan lebih berat, karena asap rokok memiliki efek melumpuhkan silia (rambut-rambut halus di hidung) selama beberapa waktu. Padahal silia penting untuk pertahanan dan mencegah masuknya zat berbahaya ke dalam tubuh bersama dengan udara saat bernafas.

Terbiasa memakai masker
Untuk mencegah risiko penularan lewat udara, Anda bisa belajar terbiasa mengunakan masker. Kualitas udara yang tidak sehat apalagi jika aktivitas sehari-hari dihabiskan di ruang ber- AC menjadikan risiko penularan lewat udara patut jadi perhatian.

Senjata lain = vaksin flu
Untuk mereka yang menyadari daya tahan tubuhnya rendah, sehingga sering terserang flu, ada baiknya melakukan vaksin flu. Vaksin ini sifatnya meringankan dan mengurangi intensitas terserang flu.

Comments :

0 komentar to “Inilah 5 Langkah Tolak Penyakit Ringan”

Posting Komentar

Sering Dibaca

ping.sg - the community meta blog for singapore bloggers