Belajar dan Berbagi Ilmu,Informasi,Software,Mp3,Picture,Dll

 

Sebulan, DPK tumbuh Rp 70,18 T

Sebulan, DPK tumbuh Rp 70,18 T

Laporan Wartawan Kontan, Roy Franedya

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Setelah sempat turun selama dua bulan berturut-turut, dana pihak ketiga (DPK) perbankan mulai menanjak kembali. Berdasarkan data terbaru Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), akhir Maret 2012 DPK perbankan bertambah Rp 70,18 triliun, dibandingkan bulan sebelumnya month to month (mtm) menjadi Rp 2.381,98 triliun.

Peningkatan tersebut terjadi di semua produk simpanan bank. Pertumbuhan tertinggi adalah rekening giro, yang bertambah Rp 33,06 triliun dalam sebulan menjadi Rp 667,38 triliun. Selanjutnya deposito meningkat Rp 31,35 triliun menjadi Rp 1.321,35 triliun. Adapun tabungan dan simpanan lainnya masing-masing tumbuh Rp 4,78 triliun dan Rp 1,16 triliun.

Dari sisi nominal, peningkatan paling besar terjadi pada segmen di atas Rp 5 miliar yang tumbuh 4,70% dalam sebulan (mtm) menjadi Rp 1.215,94 Triliun. Simpanan diatas Rp 5 miliar memiliki porsi sebesar 42,23 persen dari total simpanan, tetapi jumlah rekeningnya hanya 58.448 rekening atau 0,06 persen dari total rekening keseluruhan.

Sebagian bankir yakin, penurunan DPK dalam bentuk giro selama dua bulan pertama merupakan tren awal tahun. Maklum, pemilik giro yang sebagaian besar perusahaan mencairkan dana untuk model kerja. Nanti, tiga bulan berikutnya, atau setelah produksi mendatangkan hasil, simpanan giro akan meningkat kembali. Inilah yang membuat rekening giro pada Maret meningkat tinggi.

Direktur Utama Bank BNI, Gatot M. Suwondo mengatakan, pergerakan dana di giro memang tinggi karena perusahaan menggunakannya untuk menunjang operasional. "Dana di giro memang besar, tetapi tidak pernah mengendap lama. Perusahaan yang mau berinvestasi biasanya akan taruh di deposito," ujarnya, Senin (23/4/2012).

Wakil Direktur Utama Bank Tabungan Negara (BTN), Evi Firmansyah mengatakan, tingginya pertumbuhan deposito dan pemilik dana diatas Rp 5 miliar menandakan adanya peningkatan kelas menengah di Indonesia seiring pertumbuhan ekonomi dan pendapatan masyakat. "Indikasinya, perbankan semakin genca menawarkan layanan premium pada nasabah kaya," ujarnya. Selain itu, banyak kelas menengah mengalihkan dana mereka dari tabungan ke deposito. Maklum, bunga tabungan sudah tidak menjanjikan.

Comments :

0 komentar to “Sebulan, DPK tumbuh Rp 70,18 T”

Poskan Komentar

Sering Dibaca

ping.sg - the community meta blog for singapore bloggers