Belajar dan Berbagi Ilmu,Informasi,Software,Mp3,Picture,Dll

 

Tekanan Melanda Inflasi Daerah

Tekanan Melanda Inflasi Daerah

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Steven Greatness

TRIBUNNEWS.COM, PONTIANAK - Perkembangan inflasi di berbagai daerah pada akhir triwulan I-2012 cenderung mulai menunjukkan adanya tekanan. Realisasi inflasi pada Maret 2012 di hampir seluruh wilayah bahkan cenderung lebih tinggi dibanding rata-rata periode yang sama dalam tiga tahun terakhir.

Pemimpin Bank Indonesia Pontianak, Hilman Tisnawan, mengatakan Kawasan Timur Indonesia (KTI) mengalami kenaikan inflasi yang cukup besar sehingga mendorong disparitas yang kembali melebar dengan inflasi nasional.

"Cenderung meningkatnya inflasi di berbagai daerah terutama dipengaruhi kembali naiknya harga bumbu yang cukup signifikan, khususnya cabai rawit, dan relatif bertahannya harga beras ditengah mulai masuknya siklus panen raya," ujarnya.

Menurut Hilman, kenaikan harga cabai dikarenakan produksi di sebagian besar daerah sentra produksi di Jawa terkendala faktor tingginya curah hujan. Selain itu, tingginya curah hujan juga menyebabkan terbatasnya pasokan ikan, sehingga turut berkontribusi pada kenaikan inflasi di KTI dan Sumatera.

Sementara itu, harga beras yang relatif tertahan, satu di antaranya dipengaruhi diterapkannya Harga Pembelian Pemerintah (HPP) gabah/beras baru pada akhir Februari 2012 dan panen raya di Jawa yang baru akan terjadi pada awal triwulan II-2012. Ekspektasi terhadap rencana pemerintah untuk menaikkan harga BBM bersubsidi diperkirakan turut mempengaruhi perkembangan harga di berbagai daerah.

Indikasi kecenderungan produksi padi yang berada dibawah target disertai tendensi kenaikan harga komoditas, dan penerapan kebijakan pengendalian impor hortikultura pada Juni 2012 diperkirakan turut mendorong kenaikan harga bahan pangan secara keseluruhan. Potensi kenaikan inflasi juga bersumber dari rencana implementasi kebijakan pengendalian konsumsi BBM bersubsidi.

"Mencermati berbagai risiko yang ada. Langkah penguatan komunikasi kebijakan melalui forum Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) menjadi sangat penting untuk meredam eskalasi ekspektasi inflasi masyarakat," tuturnya.

Ia melanjutkan, selain itu langkah tersebut tetap perlu disertai upaya untuk menjamin ketersediaan pasokan dan pengawasan terhadap distribusi bahan pokok dan BBM bersubsidi dari tindakan spekulasi agar tidak mengganggu stabilitas harga.

Comments :

0 komentar to “Tekanan Melanda Inflasi Daerah”

Poskan Komentar

Sering Dibaca

ping.sg - the community meta blog for singapore bloggers