Belajar dan Berbagi Ilmu,Informasi,Software,Mp3,Picture,Dll

 

Mengapa Badan Sakit Usai Olahraga? Nih Penyebabnya

Oleh : Innes
Nyeri otot
Foto : webmd.com
?Ghiboo.com - Nyeri otot acapkali dialami usai berolahraga. Inilah terkadang membuat sebagian orang malas berolahraga.

Padahal hal ini dianggap normal, terutama bagi Anda yang sudah lama tak melakukan aktivitas fisik atau secara drastis meningkatkan durasi atau intensitas olahraga.

Otot yang ada di seluruh tubuh berfungsi membantu melindungi dan mengontrol pergerakan kerangka tubuh kita. Setiap hari, otak mengirimkan pesan ke otot untuk mengontrol gerakan.

Inilah mengapa otot dan tendon akan melentur dan bergerak seperti yang diperintahkan selama aktivitas sehari-hari. Namun ketika Anda memerintahkannya untuk terlalu banyak bergerak atau terlalu lelah berolahraga, otot-otot tubuh otomatis protes.

Nyeri otot terjadi akibat robeknya mikroskopis serat otot. Jumlah yang robek (dan nyeri) tergantung pada seberapa keras, jenis dan berapa lama Anda berolahraga.

Ingat, setiap otot memiliki tingkat maksimum kemampuan peregangan. Untuk mencegahnya, sebaiknya Anda tak perlu memaksakan diri dan otot-otot Anda.

Otot juga membutuhkan pemanasan yang baik untuk memanaskan serat otot dan meningkatkan denyut jantung agar tubuh bisa merespons lebih baik saat berolahraga.

Selain itu, otot juga butuh pendinginan dari masa transisi usai olahraga serta waktu pemulihan untuk meningkatkan kekuatan dan daya tahannya.

Umumnya, rasa nyeri ini terasa dalam dua hari pertama setelah berolahraga dan perlahan-lahan akan mereda dalam beberapa hari berikutnya.

Jadi, jangan terlalu cemas dan teruskan kebiasaan berolahraga.

Comments :

0 komentar to “Mengapa Badan Sakit Usai Olahraga? Nih Penyebabnya”

Poskan Komentar

Sering Dibaca

ping.sg - the community meta blog for singapore bloggers